Halo Sobat! | Members area : Register | Sign in
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Link | Donasi | Sitemap
Artikel Terbaru :

Jejaring Sosial Bisa Mengundang Perampok Lho!

Ditulis Oleh Keyoy on 03 November 2011 | 11/03/2011 03:00:00 AM

IlustrasiMajalahAsik.com -Bagaimana bisa? Pasti  SOMASIK pada bertanya-tanya, Ini karena di sebagian besar jejaring sosial seperti di Facebook, Foursquare dan Google+ ada fitur untuk 'Check In' atau fitur serupa yang fungsinya untuk memberitahukan lokasi kita semisal di kafe, KFC, pantai, mall dan sebagainya. Nah, ketika kita 'Check In' di luar rumah inilah yang dimanfaatkan oleh para penjahat untuk merampok rumah kita.

Dikutip dari Credit Sesame, Minggu (30/10/2011) mereka mewawancarai 50 orang mantan perampok di Inggris. Ternyata 80% mengaku menggunakan Facebook, Twitter, Google Street View dan Foursquare untuk memantau korban dan memutuskan kapan akan melancarkan aksi merampok mereka.

"Pastikan anda berpikir dua kali untuk memasang status kalau anda sedang merencanakan liburan atau mau 'Check In' dari lokasi yang jauh dari rumah," demikian saran dari Credit Sesame.

Menurut Credit Sesame ada 5 kesalahan pemilik rumah yang dapat mengundang perampokan, yaitu:

1. Membiarkan jendela rumah terbuka
2. Membiarkan benda-benda berharga terlihat oleh orang luar
3. Suka update status atau Check In posisi di jejaring sosial
4. Meninggalkan kunci dibawah karpet
5. Membiarkan kiriman paket diluar rumah

Kalau menurut sejumlah survey 15% orang Amerika suka mengupdate posisi mereka di Facebook dan 35% suka meng-tweet posisi mereka di Twitter, bagaimana dengan orang Indonesia? Tidak perlu pendapat ahli untuk menjelaskan ini, kita lihat saja di Facebook, ada berapa orang teman kita yang suka Check In lewat Foursquare dan memberitahukan posisi mereka lewat Blackberry?

Namun, Credit Sesame juga memberikan 5 tips sederhana untuk menjaga keamanan 'sosial' kita di rumah, yaitu:

1. Atur privasi Facebook, Twitter dan jejaring sosial yang kita gunakan sehingga yang bisa melihat kita hanyalah teman-teman.

2. Hanya meng-Add atau Approve teman yang dikenal saja (biasanya orang yang narsis atau pengen terkenal suka meng-Add siapa saja meskipun tidak kenal).

3. Jangan pasang status seperti, "Hei, guys! 2 hari lagi aku pengen liburan nih," karena status seperti ini sama seperti undangan untuk para perampok.

4. Jangan pasang foto benda-benda mahal di jejaring sosial kita. Malah kalau perlu tidak usah meng-upload foto yang berhubungan dengan benda-benda yang ada di rumah.

5. Jangan pernah pasang alamat rumah, nomor telepon atau kelurahan, kecamatan, dan sebagainya yang mengindikasikan lokasi rumah kita.

Tidak hanya memandang sisi keamanan jejaring sosial, Credit Sesame juga memberikan 5 tips praktis untuk meningkatkan keamanan di rumah kita, yaitu:

1. Buatlah rumah terlihat dari luar selalu ada orang di dalamnya.

2. Selalu kunci rumah pakai gembok atau alat keamanan lain yang canggih agar tidak was-was saat bepergian.

3. Jangan pernah meletakkan kunci di ventilasi, dibawah karpet, di pot bunga, di kandang anjing, dan lokasi lain yang dekat posisinya dengan rumah kita, karena tempat-tempat macam ini mudah sekali ditebak.

4. Foto barang-barang yang ada di rumah lengkap dengan tanggal pembelian dan tanggal di ambil foto untuk memudahkan klaim garansi.

5. Pastikan perusahaan asuransi memberikan asuransi yang rnilainya dapat menutupi kerugian kita seandainya memang di rampok di masa depan.

.:Artikel Terkait:.

lintasberita