Halo Sobat! | Members area : Register | Sign in
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Link | Donasi | Sitemap
Artikel Terbaru :

Tips Untuk Berkata 'TIDAK'

Ditulis Oleh Fira Fudhla on 29 September 2011 | 9/29/2011 09:36:00 PM

MajalahAsik.com - Banyak orang saat ini sangat sulit berkata tidak di hidupnya dengan berbagai alasan. mulai dengan nanti disangkas sombong, gak enak nolaknya, gak tau gimana caranya dan lain sebagainya.
nah aku punya tips ni semoga bermanfaat dan kamu bisa berkata tidak untuk sesuatu yang terkadang memberatkanmu dan membuatmu tertekan dengan keadaan.

1. YAKIN
keyakinan merupakan proses awal untuk berlatih berkata tidak pada seseorang. kamu harus menempatkan posisimu pada keyakinan bahwa kamu benar dan tindakan yang akan kamu lakukan tepat. kamu harus yakin dengan tujuanmu berkata tidak kepada seseorang. misalkan saja kamu berkata tidak untuk membuatnya mandiri, membuatnya berusaha, membuatnya menghargai jerih payahmu dll. pokoknya tanamin dulu rasa keyakinan di dalam hatimu bahwa semua yang kamu lakukan untuk kebaikannya.

2. TUNJUKKAN
tunjukkan padanya bahwa terkadang kamu risih dengan kelakuannya. kamu lelah dengan sikapnya. kamu jenuh dengan semuanya. kamu tunjukkan perasaan itu secara tersirat. misalnya saja : kamu sangat sulit berkata tidak ketika temanmu memakai alat tulis milikmu dan selalu menghilangkannya begitu saja. otomatis kamu pada gak suka kan? menabung untuk membeli semuanya ehh malah dihilangin tanpa rasa berdosa. maka tunjukkan padanya bahwa kamu tidak suka dengan sikapnya yang tidak bertanggung jawab dengan cara : "aku baru aja memberi alat tulis itu minggu lalu. aku juga belum puas memakainya. tapi dia udah ninggalin aku. kamu yakin gak ingat naruk dia dimana? aku kecewa sekali." INSYAALLAH kalo temanmu masih punya hati ia pasti minta maaf dan merasa bersalah. jika ia mengulanginya lagi maafkanlah hingga beberapa kali. namun jika keterusaaaaaaannnn aku no comment deh! (baca di tips selanjutnya)

3. JANGAN KORBANKAN DIRIMU SENDIRI
jangan korbankan dirimu berulang-ulang kali demi seseorang. apakah sahabatmu, temanmu, kekasihmu. cobalah sekali-sekali kamu membiarkan mereka yang mengorbankan diri mereka untukmu agar mereka lebih bisa untuk menghargai kehidupan dan kasih sayangmu pada mereka. jangan selalu berkata YA ketik mereka meminta bantuuanmu yang terkadang membuatmu kerepotan sendiri dan lelah menghadapinya. misalnya saja : temanmu yangg sudah keenakan meminjam bajumu, or accesoriesmu, ataupun yang selalu memintamu melakukan ini itu. jangan selalu pasrah dengan keadaan. biarkan sesekali keadaan yang memahami kita. jangan kita yang selalu memahami keadaan.

4. BERUSAHA MENGHINDAR SESEKALI
jika bibirmu masih belum mampu berkta tidak maka buatlah alasan yang logis dan membuat mereka tidak bisa berkata apa-apa. misalkan saja ketika temnmu terlalu sering memintamu untuk menemaninya ke berbagai tempat maka sesekali ketika kamu merasa lelah, capek atau tak ada doku buat isi minyak buatlah alasan yang membuatnya memahami keadaanmu. seperti : "aduh maaf, aku udah ada janji sama mama mau pergi ke tempat tanteku lagian minyak di tangki udah low ni. hehe dll."

5. BERKATA TIDAK
jika kamu sudah bisa menghindar sesekali maka bulatkanlah tekadmu, niatmu, dan keyakinanmu untuk mengatakan TIDAK padanya, bukan karena kamu jahat ataupun marah padanya tapi karena kamu memberinya kesempatan untuk belajar mandiri dan menghargai sesuatu. ucapkan saja yang sebenarnya. misalnya saja kamu mau menolak mengntarnya pulang karena rumahmu dan rumahnya berlawanan arah. "aduh aku ngak bisa ni. udah janji sama (nama) mau pulang bareng. kasihan dia kepalanya pusing." mulailah sedikit demi sedikit. buat dia sadar bahwa manusia bukan hanya makhluk sosial yang membutuhkan orang lain tapi manusiaa juga merupakan individual yang harus dapat menghandle dan membimbing dirinya sendiri. jangan hanya tergantung pada orang lain, tapi juga harus mandiri untuk menjalankan segala aktivitasnya.

makasiih :)

.:Artikel Terkait:.

lintasberita