Halo Sobat! | Members area : Register | Sign in
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Link | Donasi | Sitemap
Artikel Terbaru :

Apa Pemicu Kemerahan Pada Kulit Wajah? Ini dia

Ditulis Oleh Keyoy on 05 November 2011 | 11/05/2011 11:00:00 AM

MajalahAsik.com - Munculnya kemerahan pada kulit wajah memang sangat menjengkelkan. Meskipun kadang tak disertai rasa gatal atau perih, warna kemerahan membuat riasan dan penampilan menjadi tidak maksimal.

Menurut  dr Linda Bruton, pemicu kemerahan pada kulit bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah rosacea, yaitu kondisi peradangan kronis pada kulit yang terjadi di area pipi, dahi, hidung dan dagu. Ini disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah di bawah kulit.

"Wanita berkulit putih, sangat mudah mengalami kemerahan, meskipun tak selalu disebabkan oleh rosacea. Jika mengalami rosacea, bisa dikontrol dengan mengurangi terkena paparan sinar matahari, mengontrol  stres dan membatasi konsumsi makanan pedas," kata dr Burton, seperti dikutip dari totalbeauty.com.

Pemicu lain munculnya kemerahan adalah dermatitis yang disebabkan oleh kulit yang sensitif atau alergi. Seperti pada produk pembersih rumah, plastik atau bahan kimia lainnya.

Semuanya bisa memicu kemerahan dan juga rasa perih serta gatal. Jika kulit Anda termasuk jenis kulit sensitif, sebaiknya pilih produk-produk yang berbasis bahan alami.

Kondisi lain yang juga memicu kemerahan kulit adalah psoriasis. Gejalanya, ditandai dengan menebalnya kulit disertai timbulnya bercak-bercak merah, sisik-sisik putih kasar. Ini bukanlah penyakit menular, tetapi bersifat menurun. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kulit, ketika mengalaminya.

Saat kulit kemerahan, menurut Jessica Wu, dokter kulit asal Los Angeles, sebaiknya Anda menghindari penggunaan bedak dan foundation yang mengandung retinol, vitamin C dan asam glikolat. Itu karena bahan-bahan tersebut bisa dengan mudah memperparah iritasi dan memunculkan kemerahan.

"Gunakan bedak yang berbasis bahan mineral, ini bisa mengurangi risiko kemerahan pada kulit," kata dr Wu.

.:Artikel Terkait:.

lintasberita