Halo Sobat! | Members area : Register | Sign in
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Link | Donasi | Sitemap
Artikel Terbaru :

Benarkah kopi penghilang kantuk?

Ditulis Oleh Yuanita Levany, SE. Msi, Ak. CA on 24 Juli 2015 | 7/24/2015 02:56:00 PM

Well....saya itu senenggggg banget ngopi....kalo temen-temen bilang "Kamu  ini ya cewek-cewek seneng banget ngopi, emang kenapa sich?" Kalo ditanya gitu yaa saya jawab saja " maklum guys saya ni suka ngantuk, kalo ngopi mata saya langsung kinclong." itu adalah jawaban jitu saya dan pastinya sebagian dari kalian semua ada yang jawab seperti itu juga. Padahal sebenernya ga sepenuhnya bener jawaban saya, terbukti lah ya kadang udah 2 gelas saya ngopi teteppp aja kepalanya miring kanan miring kiri maju ke depan mundur ke belakang gara-gara nahan kantuk, kadang-kadang temen ngobrol ga nyambung, dia nanya apa saya jawab apa, kadang-kadang ditanya temen jawabnya haaa....ho.....pokoknya ga jelas banget deh.

Kalian percaya ga minum kopi itu penghilang kantuknya mitos?? Karena kopi penghilang kantuk itu hanyalah sugesti dari pikiran kita sendiri. Mungkin kopi penghilang rasa kantuk yang paling berasa untuk sebagian orang-orang yang jarang minum kopi atau dengan kondisi tertentu. Nah untuk yang minum kopi secara rutin tidak mempengaruhi terlalu banyak.
 
Banyak pendapat yang mengatakan kalau untuk mengatasi rasa mengantuk adalah dengan minum kopi, dan ternyata hal tersebut memang ada benarnya. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi disinyalir dapat mengusir rasa kantuk sementara, dimana wujud kafein yang berupa senyawa alkaloid xantina dalam bentuk kristal dan berasa pahit ini adalah kandungan pokok pada kopi yang dapat menghilangkan rasa mengantuk.

Dengan minum segelas kopi maka tubuh kita yang tadinya sudah mengantuk dan lesu akan kembali segar karena adanya rangsangan dari kafein yang memicu sistem syaraf untuk mempercepat detak jantung. Nah karena jantung bekerja dengan optimal maka badan kita menjadi segar. Kita tidak akan merasa mengantuk sampai jantung melakukan relaksasi

Well...jadi udah jelas ya kalo kopi ga sepenuhnya penghilang kantuk, cuma sementara aja. Kalo memang dalam kondisi mendesak and kerjaan banyak bolehlah minum kopi tapi jangan dipaksakan karena akan sangat berbahaya untuk kondisi tubuh kita.

 Kalo tubuh butuh istirahat ga ada penawarnya, kopi pun lewat...obat kelelahan adalah istirahat. Kurangnya jam tidur tidak bisa digantikan dengan kopi atau cafein lainnya, kecuali dengan tidur.

Okeh...yang mulai mengantuk mari kita tidur...ingat kata bang Rhoma "Bergadang jangan bergadang kalau tiada artinya..bergadang boleh sajaa kalau ada perlunya..."

Cheersss....
.

.:Artikel Terkait:.

lintasberita