Halo Sobat! | Members area : Register | Sign in
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Link | Donasi | Sitemap
Artikel Terbaru :

Terungkap, Penggunaan Internet Tak 'Demokratis'

Ditulis Oleh Keyoy on 13 Juni 2011 | 6/13/2011 03:52:00 PM

Headline

MAJALAHASIK.COM – Mengabaikan persepsi pengguna media sosial mampu mempengaruhi opini publik melalui konten online, internet terbukti tak cukup demokratis. Mengapa?

Hasil studi University of California, Berkeley (UC Berkeley) menunjukkan, web sosial menjadi ajang bermain bagi orang kaya dan berpendidikan dibanding demokrasi digital sejati.

Perkembangan media sosial (Twitter dan Facebook berperan penting dalam gerakan pro-demokrasi seperti di Arab), blog, situs web dan situs berbagi video lebih mewakili perspektif berpendidikan tinggi.

“Memiliki akses Internet saja tak cukup. Bahkan di antara orang-orang online, mereka yang menjadi produsen digital jauh lebih mungkin memiliki pendapatan lebih tinggi dan tingkat pendidikan tinggi,” ujar kandidat doktor sosiologi Jen Schradie di UC Berkeley.

Lulusan perguruan tinggi, 1,5 kali lebih cenderung menjadi blogger dibanding lulusan SMA. Schradie juga menemukan, orang berpendidikan dua kali lebih cenderung mengunggah foto dan video serta tiga kali lebih mungkin membuat peringkat online atau komentar.

Secara keseluruhan, hasil studi menemukan, kurang dari 10% populasi Amerika Serikat (AS) berpartisipasi di sebagian besar kegiatan produksi online.

Menurut hasil studi, kesenjangan digital antara kaya dan miskin menekankan tumbuhnya kekhawatiran atas kekurangan sumber daya untuk berpartisipasi penuh dalam kehidupan sipil (online) orang miskin.

"Kebijaksanaan konvensional memberitahu kita, internet merupakan tempat bermain dan tempat untuk memperluas keragaman suara yang bisa didengar," kata Schradie.

Namun, temuan ini "menunjukkan Internet sebenarnya memperkuat divisi sosio-ekonomi yang sudah ada, dan bahkan bisa lebih meningkatkannya."
Selain itu, hal ini bisa memiliki bermacam implikasi ketika kehidupan sipil dan ekonomi online terus bergerak maju.

.:Artikel Terkait:.

lintasberita