Halo Sobat! | Members area : Register | Sign in
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Link | Donasi | Sitemap
Artikel Terbaru :

Wow! Korea Siapkan Robot Penjaga Penjara

Ditulis Oleh Keyoy on 28 November 2011 | 11/28/2011 10:00:00 AM

MajalahAsik.com - Lengahnya para sipir penjaga merupakan alasan klasik kaburnya narapidana dari penjara. Tak hanya itu, para sipir juga kerap disalahkan atas terungkapnya fasilitas mewah yang didapat 'tahanan khusus'.

Entah, apakah itu bisa diatasi jika penjara dijaga oleh robot. Tapi di Korea Selatan, terdapat rencana untuk menjadikan robot untuk menjaga penjara.

Seperti dikutip dari laman Gizmodo, penjara di kota Pohang, Korea Selatan, akan dijaga oleh robot mulai Maret tahun depan. Jika uji coba ini sukses, maka penjagaan yang akan dilakukan oleh robot ini akan terus dikembangkan.

Adapun robot yang disponsori Kementerian Kehakiman ini didesain untuk melakukan patroli. Robot setinggi 1,5 meter yang dilengkapi roda dan monitor ini akan berkeliling mengawasi keadaan di dalam sel.

Jika robot ini mendeteksi pergerakan mendadak, atau aktivitas manusia yang janggal, seperti kekerasan, maka robot ini akan memberikan peringatan dan memberi tahu penjaga manusia.

"Tidak seperti CCTV yang hanya memonitor sel-sel melalui layar, robot ini diprogram untuk menganalisa berbagai aktivitas di dalam penjara dan mengidentifikasi perilaku tak normal," kata Profesor Lee Baik-chul dari Universitas Kyonggi, seperti dilansir dari Wall Street Journal.

Proyek robot senilai 1 miliar won (US$ 863 ribu) ini juga menjadi sarana komunikasi narapidana dengan penjaga, dalam keadaan darurat.

Proyek ini pun disambut baik petugas penjara. Dengan demikian tugas mereka akan sedikit lebih ringan, apalagi saat shift malam.

Namun, belum diketahui tanggapan narapidana mengenai robot penjaga ini. "Itu juga menjadi perhatian," kata Lee.

"Tapi robot bukan terminator. Tugas mereka bukan menyakiti para tahanan. Mereka akan membantu para narapidana, terutama jika ada narapidana yang dalam ancaman, atau menderita sakit serius, bantuan akan segera diberikan," jelas Lee.

Robot ini pun dijanjikan akan "manusiawi dan bersahabat", terutama kepada mereka yang ada di balik bui.

.:Artikel Terkait:.

lintasberita