Halo Sobat! | Members area : Register | Sign in
Pasang Iklan | Kontak | Profile | Link | Donasi | Sitemap
Artikel Terbaru :

Bocah 8 Tahun Dipisahkan dari Orangtuanya Karena Gemuk

Ditulis Oleh Keyoy on 03 Desember 2011 | 12/03/2011 01:35:00 PM

imgMajalahAsik.com - Anak laki-laki asal Cleveland, Amerika Serikat ini usianya baru delapan tahun. Namun berat badannya sudah mencapai 90 kg. Bocah yang terlalu gemuk itu pun terpaksa dipisahkan dulu dari orangtuanya.

Seperti dikutip dari NY Daily News, surat kabar lokal Plain Dealer menulis, bocah yang duduk di kelas tiga itu kini berada di rumah pembinaan atau penampungan sementara. Hal itu dilakukan pemerintah setempat karena ibunya dianggap tidak bisa mengontrol berat badan sang anak.

Pemerintah menganggap itu adalah kelalaian orangtua sehingga bocah itu bisa menjadi sangat gemuk. Si ibu disebutkan tidak mau mengikuti perintah dokter untuk membantu anaknya menurunkan berat badan. Lingkungan sekitar tempat anak itu tinggal juga dianggap tidak mendukung sehingga membuat berat badan bocah tersebut naik tak terkira.

Ibu dari bocah itu yang identitasnya dirahasiakan, membantah tudingan tersebut. Ia mengaku sudah berusaha membuat anaknya mau berolahraga dengan membelikannya sepeda. Anaknya juga cukup aktif di sekolah.

Kasus serupa sebenarnya beberapa kali terjadi di Amerika. Obesitas pada anak-anak dianggap masalah serius karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes.

Namun pengacara dari ibu bocah itu merasa pemerintah sudah terlalu mengada-ada. Menurut sang pengacara, sampai saat ini masalah kesehatan yang katanya mengancam bocah itu belum terjadi.

Pakar kesehatan anak asal Harvard, Profesor David Ludwig sebelumnya pernah menerbitkan jurnal yang cukup kontroversial dalam 'Journal of the American Medical Association' soal kasus anak obesitas. Dia mengatakan, anak yang memang sangat gemuk, berisiko kehilangan nyawanya.

Ludwig setuju masalah obesitas itu bukan hanya karena kegagalan orangtua. Meski begitu, ia pun sependapat memang perlu intervensi dari pemerintah untuk menangani anak-anak yang sudah terlalu gemuk ini.

"Ini adalah cara paling realistis untuk mengontrol perilaku yang sudah membahayakan," katanya, seperti dikutip TIME.

Tapi idealnya, sebelum si anak dipisahkan dari orangtuanya untuk beberapa waktu, perlu dilakukan beberapa langkah dulu sebelumnya. "Bisa ditawarkan dukungan sosial di rumah, training untuk orangtua, konseling, nasihat keuangan, tanpa memisahkan anak," jelas Ludwig.

.:Artikel Terkait:.

lintasberita